Mengatur Template SEO Friendly Blogspot

Mengatur Template Agar SEO Friendly pada blog Blogspot bisa di lakukan dalam beberapa cara mudah. Kali ini Ramai Beud akan berbagi sedikit tips bagaimana caranya Mengatur Template SEO Friendly pada blog Blogspot.

Baiklah,  langsung saja kita mulai langkah langkahya.

Mengatur Template SEO Friendly Blogspot

Cara Mengatur Template SEO friendly pada Blogspot

Hal pertama yang harus di ingat, Bagaimana cara membuat pengunjung blog nyaman ketika berada di halaman blog kita.  Jadi untuk membuat mereka nyaman ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar Template Blogspot kita dapat di sebut sebagai SEO Friendly.

Setidaknya ada 14 faktor yang harus di perhatikan jika ingin template blogspot menjadi SEO Friendly. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 14 faktor yang bisa membuat template blogspot menjadi SEO Friendly.

  • Memasang kotak pencarian
  • Menyelaraskan keyword atau kata kunci dengan tag meta description
  • Membuat judul awal postingan dengan Tag html H2
  • Menambahkan gambar thumbnail di awal artikel
  • Memasang social media share button
  • Pasang keyword atau kata kunci pada paragraf pertama
  • Menggunakan sub judul dengan tag html H3 (di dua tempat) dan h4 di satu tempat.
  • Membuat link keluar atau outbond to related post article
  • Membuat internal link related article
  • Dapat terlihat dengan mudah via mobile web/browser
  • Artikel yang harus di buat secara natural
  • Sertakan sedikit humor pada penulisan artikel
  • Buat artikel setidaknya sebanyak 1130 kata
  • Kecepatan akses blog  setidaknya tidak lebih dari 2 detik

Menerapkan hal hal di atas pada blog anda, khususnya template blogspot tentu sangat di sarankan. Saya sendiri juga mulai sedikit demi sedikit menerapkan tips di atas, agar blog ini masuk dalam kategori SEO friendly.

Saat ini untuk mendapatkan template SEO friendly tidak perlu buat atau beli. Karena tema atau template blogspot yang seo dan gratis pun sangat mudah di temukan. Tinggal kita optimasi secara mandiri agar lebih SEO friendly di mata pengunjung blog.

Manfaat Kotak Pencarian pada Sebuah Halaman Blog atau Situs

Pada poin pertama di atas di sebutkan, bahwa dalam sebuah blog atau situs web perlu adanya kotak pencarian. Apa fungsinya dan pengaruhnya pada SEO untuk blog blogspot kita.

Tentunya ada banyak sekali, karena dengan adanya kotak pencarian dalam sebuah blog atau situs web akan memudahkan pengunjung. Contohnya memudahkan pencarian sebuah topik atau produk dengan hanya mengetikan satu kata kunci saja.

Histori dari pencarian tersebut akan di rekam oleh robot google dan tentu saja ini sangat bagus untuk kemajuan blog kita di mata google.

Menyelaraskan keyword atau kata kunci dengan tag meta description

Apa yang di maksud dengan Menyelaraskan keyword atau kata kunci dengan tag meta description. Bagi pemula seperti saya tentu tidak akan langsung bisa memahami maksud dari saran di atas.

Tapi karena butuh, jadi sedikit demi sedikit di pelajari hingga akhirnya bisa memahami juga. Maksud dari Menyelaraskan keyword atau kata kunci dengan tag meta description adalah menempatkan satu dua kata kunci pada deskripsi meta postingan.

Ilustrasinya seperti ini :

  • Judul Utama selipkan keyword
  • Paragraf pertama selipkan keyword
  • Judul Selipkan keyword
  • Paragraf setelahnya selipkan keyword
  • Sub judul Selipkan keyword
  • Paragraf setelahnya juga selipkan keyword
  • Paragraf terakhir atau penutup selipkan keyword.

Jadi urutannya , atas isi keyword, tengah dan bawah juga isi keyword. Dengan begitu semua elemen paragraf dan judul akan terkoneksi dengan keyword.

Artikel Harus Original atau Rewrite

Poin penting lainnya adalah artikel harus di Tulis sendiri. Jangan pernah secara mentah mentah copy paste artikel dari situs atau blog lain. Karena tentu secara otomatis tidak akan di lirik sama robot google.

Ilustrasinya seperti ini, artikel yang di copy sudah tentu lebih dulu di index sama google dan telah mendapat peringkat. Dan kita tau jika google tidak akan melirik kedua kali artikel yang sama. Jadi dengan begitu artikel duplikat alias artikel copy paste tidak akan mendapat tempat di google.

Selain itu artikel juga sedikit di bubuhi kata atau kalimat humor. Agar pengunjung sedikit terhibur dan betah berlama lama di blog anda. Dan berikutnya buatlah artikel setidaknya sebanyak 1300 kata. Jika di mungkinkan jika ingin bersaing dengan kompetitor bisa buat artikel dengan jumlah kata lebih banyak dari kompetitor.

Optimasi Kecepatan Akses Situs Web atau Blog

Yang terakhir adalah juga perhatikan masalah satu ini. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa google saat ini suka dengan situs yang memiliki kecepatan akses luar biasa. Namun jika di rasa sulit, dan tidak bisa mencapai angka 100% tidak perlu dipaksakan.

Namun setidaknya, jika kita coba akses blog atau situs web sudah tidak begitu berat itu sudah aman. Yang terpenting adalah, pengunjung senang dan terbantu dengan apa yang ada dalam blog kita.

Demikianlah, sedikit catatan singkat tentang cara Mengatur Template blog agar SEO Friendly di Blogspot maupun wordpress dan juga platform lainnya.

Semoga dapat bermanfaat bagi para pemula dan khususnya bagi saya sendiri. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Akhwan Beud
Hanya orang biasa yang suka dengan dunia blogging. Mengelola lebih dari 350 Blog yang tersebar di berbagai Negara.

Related Posts

Posting Komentar