.htaccess to detect several languages

How to setup .htaccess file to detect several languages, and redirect them to specific SEO-friendly URLs ?. Maaf ya, Judul artikel ini pakai bahasa inggris tapi isinya sebagian menggunakan bahasa indonesia. Tapi inti dari isi artikel ini tetaplah sama, yaitu menjelaskan tentang Bagaimana cara mengatur file .htaccess untuk mendeteksi beberapa bahasa, dan mengalihkannya ke URL khusus yang SEO Friendly?

Pertama kali mengenal dunia blogging saya juga tidak paham soal ini, tapi karena seringnya memodifikasi blog baik itu blogspot ataupun wordpress jadi dengan tanpa paksaan belajar juga tentang permaasalahan ini. Membuat blog multi bahasa atau Multy Language memang susah susah gampang. Namun kalau di perdalam dengan rajin mengutak atik performa blog atau situs web pastilah akan terasa mudah.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan Bagaimana cara mengatur file .htaccess untuk mendeteksi beberapa bahasa, dan mengalihkannya ke URL khusus yang SEO Friendly. Dalam bahasa inggrisnya sesuai judul di atas adalah How to setup .htaccess file to detect several languages.

Baiklah, langsung ke Contoh kode .htaccess nya saja ya :

How to setup .htaccess file to detect several languages

Basically every URL needs to go to index.php?lang=(...). So, for English language detection http://mysite.com has to go to http://mysite.com/en/ (index.php?lang=en).



Dan inilah kode lengkap .htaccess untuk mendeteksi beberapa bahasa, dan mengalihkannya ke URL khusus yang SEO Friendly.


RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTP:Accept-Language} ^en [NC]
RewriteRule ^$ http://mysite.com/en/ [L,R=301]

RewriteCond %{HTTP:Accept-Language} ^de [NC]
RewriteRule ^$ http://mysite.com/de/ [L,R=301]

RewriteCond %{HTTP:Accept-Language} ^nl [NC]
RewriteRule ^$ http://mysite.com/nl/ [L,R=301]

RewriteCond %{HTTP:Accept-Language} ^fr [NC]
RewriteRule ^$ http://mysite.com/fr/ [L,R=301]

RewriteCond %{HTTP:Accept-Language} ^es [NC]
RewriteRule ^$ http://mysite.com/es/ [L,R=301]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-l

RewriteRule ^(en|de|nl|fr|es)/?$ index.php?lang=$1 [QSA,NC,L]

Salin dan tempelkan kode di atas pada file .htaccess di directory website anda. Dan setelah itu coba akses blog atau situs web anda dengan pengaturan bahasa berbeda untuk browser yang anda gunakan.

Demikianlah semoga berkenan dan bermanfaat, dan bila anda menyukai artikel dengan judul How to setup .htaccess file to detect several languages atau cara mengatur file .htaccess untuk mendeteksi beberapa bahasa, dan mengalihkannya ke URL khusus yang SEO Friendly ini silahkan bagikan lewat sosial media anda.

Akhwan Beud
Hanya orang biasa yang suka dengan dunia blogging. Mengelola lebih dari 350 Blog yang tersebar di berbagai Negara.

Related Posts

Posting Komentar